Friday, May 27, 2011

Kesalahan Yang Sama,,,,

Kayak Judul lagunya dari Kerispatih Ya??Hehe,,,,,
Saya memposting dengan judul di atas, karena itulah yang dirasakan oleh penulis. Setiap manusia wajar memiliki kesalahan, karena bisa melakukan kesalahan itulah, maka manusia bisa di bilang sebagai manusia. Manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan tidaklah ada...
Tapi, ada satu hal yang membedakan antara manusia yang baik dengan manusia yang tidak. Yaitu belajar dari kesalahan untuk bisa berbuat sesuatu, sehingga menghindari kemungkinan untuk melakukan kesalahan yang sama...
Sekarang saya ingin bertanya kepada sahabat semua, pernahkah sahabat melakukan kesalahan? Jika sahabat menjawab ‘Ya’, sekarang coba ingat apakah dari kesalahan-kesalahan yang telah sahabat perbuat, ada beberapa kesalahan yang bisa dibilang sama?, Jika sahabat menjawab ‘Ya’, sekarang coba ingat apakah sahabat pernah ada keinginan untuk memperbaiki kesalahan tersebut?, Jika sahabat menjawab ‘Ya’, sekarang coba ingat seberapa sering kesalahan tersebut sahabat ulangi lagi setelah bertekad untuk tidak mengulanginya lagi...???
Seringkah sahabat semua mengulagi kesalahan yang sama?seringkah sahabat melanggar tekad yang kita buat sendiri?Seringkah sahabat menyalahkan diri sendiri, mengapa selalu mengulanginya lagi...?
KITA SAMA.............
Siapapun itu, bukan hanya sahabat yang membaca tulisan saya sekarang. Tapi semua orang, apalagi saya. Adalah orang yang sering mengulangi kesalahan yang sama meskipun sudah bertekad untuk tidak mengulanginya lagi.... Entah dorongan dari mana, tiba-tiba keinginan, amarah dan pikiran yang tidak lagi bisa memikirkan hal yang lain. Hanya berpusat pada satu hal yang memicu kesalahan itu kita ulangi lagi....
Ingin rasanya saya mengikat hati, pikiran dan tubuh ini agar tidak melakukan kesalahan yang sama untuk kesekian kalinya. Karena saya tidak ingin menjadi orang yang selalu terperangkap dalam kubangan lumpur yang sama, karena saya tidak ingin membuat orang-orang yang saya sayangi mendapati saya sebagai tidak bisa menjadi sosok yang lebih baik dan pada akhirnya saya tidak ingin membohongi serta mengkhianati keputusan yang telah saya buat sendiri, sehingga mencari pembenaran atas kesalahan yang sudah saya lakukan...
Berhari-hari, bulan bahkan tahun, saya mencoba untuk mencari pemecahan agar saya tidak melakukan kesalahan yang sama. Dan akhirnya saya tetap dihadapkan pada tembok yang membatasi pencarian saya...
Lalu pada akhirnya, saya menyadari satu hal bahwa sebagai manusia biasa wajar kita melakukan kesalahan. Akan tetapi janganlah kita sampai mewajarkan kesalahan yang kita lakukan. Karena jika kita mewajarka kesalahan yang kita perbuat, maka seperti apapun kesalahan kita. Pada akhirnya kita hanya akan menganggapnya sebagai hal yang wajar,,, saya melakukan hal ini karena itu,,,saya melakukan hal itu karena ini......bahkan saya sendiri sering berpikiran seperti itu,,,
Saya tidak berpikir bahwa hal “itu terjadi karena saya melakukan ini, dan hal ini terjadi karena saya melakukan itu”... Jujur saya sebenarnya saya juga belum pernah menyadari akan adanya konsep seperti ini... Sebagai contoh,,,
Saya memukul adik saya, karena di meminjam mainan saya tanpa ijin....(Terkesan mewajarkan kesalahan dan melimpahkan kepada orang lain)...Lalu bagaimana jika balik seperti ini,,,
Adek saya meminjam mainan saya tanpa ijin, karena mungkin selama ini saya tidak pernah mau berbagi dengannya. Mungkin saja sebenarnya dia ingin bermain bersama dengan saya, tapi saya tidak pernah menyediakan waktu untuk dirinya...(Menurut saya, pernyataan seperti ini lebih baik, daripada pernyataan pertama tadi)...
Sahabat, saya menulis artikel ini bukan berarti saya telah terbebas dari berbagai kesalahan. Saya tetaplah manusia biasa, dan saya juga sering melakukan kesalahan. Tujuan saya menulis artikel ini, agar saya sendiri bisa berbagi satu hal kecil yang mungkin akan berguna bagi yang salah satu dari sahabat pembaca. dan pada akhirnya juga bisa berguna bagi saya....
Sahabat, terima kasih atas kesediaan waktu untuk membaca tulisan pendek saya... Semoga bisa berguna bagi kita semua....Tetap berkarya

No comments:

Post a Comment