Thursday, May 5, 2011

Apa Aku Tidak Akan Pernah Bisa,,,???

Melihat pertanyaan di atas, saya ingin bertanya pada sahabat pembaca semua. Apakah pernah dalam pikiran sahabat sekalian, muncul anggapan bahwa ‘aku tidak akan bisa’ melakukan ini, aku tidak akan bisa melakukan itu, aku tidak akan bisa menjadi ini, aku tidak akan bisa menjadi itu,,,,,
Kalau memang pernah, jujurlah pada diri anda dan nyatakanlah bahwa memang anda pernah memiliki anggapan seperti itu. Khususnya bagi sahabat sekalian yang sedang mencari jalan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, maka ada baiknya memulai perubahan itu dari jujur terhadap apa yang anda rasakan tentang diri anda sendiri...
Setelah anda melakukannya, sekarang tolong lihatlah foto di bawah ini. Kebetulan foto ini saya ambil sendiri, tempat pengambilan fotonya di bawah jembatan fly over Arjosari Malang. Waktu mengambil foto ini, saya sedang mencoba mengamati lalu lalang kendaraan dan berharap ada yang bisa saya jadikan bahan untuk blog saya. Sekarang coba perhatikan foto yang saya ambil ini.....
Setelah melihatnya, apa yang ada di benak anda sekarang? Mungkin akan ada pertanyaan, foto apa ini? Maksudnya apa? Perasaan nggak ada istimewa-istimewanya foto ini? Atau mungkin ada yang berpikiran GJ (Ga’ Jelas)...he,
Memang foto itu hanya foto biasa, foto seorang loper koran yang sedang berusaha menjual koran kepada para pengendara lalu lintas atau orang-orang di sekitar tempatnya berjualan. Akan tetapi yang membuat saya kagum sehingga mengambil fotonya adalah kegigihan dan keyakinannya dalam berjualan koran, bahwa koran itu pasti akan ada yang membeli. Karena saya perhatikan, dari pertama ia datang untuk berjualan sampai koran-korannya hampir habis, loper koran ini tidak beristirahat sedikitpun. Di berusaha menawarkan koran dari mobil satu ke mobil lainnya. Jika tidak salah, sekitar 3 jam lebih loper koran tersebut mencoba menjajakan korannya.
Dia mulai berjualan koran dari jam setengah 6 sampai sekitar jam 9, mulai dari tumpukan koran yang dibawa masih banyak sampai koran-koran itu hanya tinggal beberapa saja. Menurut saya pribadi hal ini cukup menginspirasi, karena dari seorang kegigihan loper koran yang berjualan ditengah-tengah banyaknya media massa yang mulai menggantikan peran koran sebagai penyampai informasi dan ditambah keuntungan yang tidak seberapa dari hasil berjualan koran. Saya pikir hal ini sungguh sebuah kegigihan dan keyakinan yang patut diacungi jempol...
Sahabat, sehubungan dengan foto di atas. Saya hanya ingin berbagi pada pembaca artikel ini, bahwa apapun yang bisa sahabat sekalian berikan baik kepada diri sendiri, orang lain maupun lingkungan. Selama ada keyakinan bahwa apa yang dilakukan adalah untuk kebaikan bersama, meskipun disisi lain orang-orang pada umumnya  memandang apa yang kita lakukan tidak ada artinya. Maka tetaplah bersabar dan tetaplah lakukan apa yang terbaik yang bisa kita lakukan...
Karena ada satu hal yang bisa kita ingat, sesuatu yang besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Seperti halnya sebuah rumah mewah nan megah, bukankah semegah apapun sebuah rumah. Tetap saja ada fondasi untuk mendirikannya, dan untuk membangun fondasi dibutuhkan batu-batu, pasir dan sebagainya. Jika satu batu saja diambil dari fondasi itu, bukankah kekuatannya akan berkurang dan bahkan mungkin akan membuat rumah yang megah tadi roboh lalu menyisakan puing-puingnya saja...
Sebuah batu saja, yang kebanyakan oleh kita hanya ditendang, dilempar dan diinjak. Jika batu itu dimanfaatkan dengan baik dan benar, maka yang semula hanya dijadikan buangan, ia berubah menjadi salah satu elemen terpenting yang dibutuhkan oleh setiap orang...
Batu saja bisa melakukan sesuatu yang besar seperti itu. Lalu mengapa saya, anda dan kebanyakan orang harus kehilangan keyakinan bahwa kita memiliki potensi yang sangat besar dan akan sangat dibutuhkan oleh orang lain. Yang kita butuhkan disini sekarang adalah seperti apa yang dimiliki oleh loper koran tadi, yang dia miliki tapi banyak diantara kita yang tidak memilikinya. Kegigihan dan Keyakinan...
Bagaimana kegigihan dan keyakinan kita untuk dapat menggali potensi yang ada didalam diri setiap dari kita masing-masing. Bagaimana kegigihan dan keyakinan kita untuk tetap melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan meskipun masyarakat tidak memandangnya. Bagaimana kegigihan dan keyakinan kita untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang mencoba menghempaskan harapan-harapan kita...
Tetaplah menatap masa depanmu dengan penuh keyakinan, agar masa depan juga mendatangimu dengan penuh keyakinan dan harapan. Karena jika menatap masa depan dengan keraguan, maka masa depan juga akan mendatangimu penuh keraguan dan penuh kesuramanan.....

1 comment:

  1. Ferdi : Kata-Katanya Menginspirasi sekali...artikel yang sangat bagus untuk dibaca tetap berkaya mas, masyarakat indonesia butuh orang seperti anda.

    ReplyDelete