Saturday, May 5, 2018

Bersyukurlah maka nikmatmu akan bertambah


Kadang jujur saya bingung dengan kalimat ini, bagaimana kita dengan cara bersyukur maka nikmat yang kita miliki akan bertambah. Apakah dengan mengucapkan terima kasih, Alhamdulillah, Puji Syukur dan seterusnya maka semua nikmat kita akan berlipat ganda.

Namun setelah direnungkan dan direfleksikan ternyata benar loh.. Bisa kita analogikan sebagai berikut :



“ada seorang anak perempuan sebutlah Nana yang meminta kepada Ayahnya untuk dibelikan boneka beruang. Namun sang ayah tidak langsung membelikan boneka beruang itu untuk Nana. Ayahnya ingin tahu seberapa besar keinginan nana untuk memiliki boneka beruang.


Nana dengan sabar menunggu boneka yang inginkannya tersebut. Setiap ayahnya berangkat kerja, Nana selalu mengucapkan bahwa ia ingin boneka beruang. Bahkan Nana mulai bernegosiasi, meskipun kecil tidak apa yang penting boneka beruang. Nana sabar menunggu, tidak pernah sekalipun ia marah kepada ayahnya kenapa tidak segera membelikan apa yang dia inginkan.


Melihat Nana yang menunggu dengan sabar, Ayahnya diam-diam membelikan boneka beruang yang diinginkan Nana. Namun bukan boneka beruang kecil, oleh Ayahnya Nana dibelikan boneka beruang yang besar. Ini karena Ayahnya melihat Nana sangat sabar menunggu, tidak memaksa dan tidak marah-marah untuk dipenuhi permintaannya. 

Setelah membeli boneka beruang yang besar tersebut, ayahnya tidak langsung memberikan boneka itu pada Nana, ayahnya ingin memberikan boneka itu pada saat yang tidak disangka oleh Nana. Dan benar saja, pada suatu pagi. Diam-diam sebelum Nana bangun, ayahnya meletakkan boneka beruang di sebelah tempat tidur Nana. Lalu dengan perlahan, ayah meninggalkan kamar tidur Nana sehingga tidak merusak kejutannya.. 

2 jam kemudian,  begitu Nana bangun tidur,  dia langsung melihat ada sebuah boneka besar tidur disampingnya. Nana kaget, senang, gembira dan segera memeluk boneka itu, kemudian tidak lupa ia langsung berlari membawa bonekanya lalu pergi ke ayah dan ibunya. Memeluk mereka dan mengucapkan terima kasih terus menerus dan mengatakan betapa bahagianya dia."

Orang tua mana yang tidak bahagia jika melihat anaknya bahagia..? orang tua mana yang tidak ingin melihat anaknya tersenyum..?

Mungkin begitu pula dengan kita, saat kita mensyukuri nikmat yang diberikan kepada kita baik besar maupun kecil. Allah akan merasa senang melihat kebahagiaan yang kita rasakan dan akan memberikan hal-hal yang dapat membahagiakan kita terus. Karena kebahagiaan kita, rasa syukur kita merupakan hal yang akan membuat Allah senang karena pemberiannya di hargai dan di syukuri.

Masih berhubungan dengan cerita diatas, Namun kali ini coba saat ini kita ubah reaksi dari Nana setelah melihat boneka beruang.

"Bagaimana jika saat melihat boneka itu, nana justru tidak suka dengan warnanya, atau bentuknya atau hal-hal lain. Kemudian dia datang kepada Ayah yang sudah menunggu ekspresi kebahagiaan Nana. Namun ternyata Nana justru mengkritik boneka itu. misal, warnanya kurang ini, bentuknya kurang itu, besarnya kok seperti ini.."

Coba kita bayangkan, kekecewaan dan luka yang mungkin dirasakan oleh Ayah Nana..

Mungkin begitu pula saat kita tidak mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kita, Allah kecewa pada kita yang tidak mensyukuri pemberiannya.

maapkan saya yang sok bijak hari ini, hehhehe... at last, we must remeber bentuk mensyukuri bukan hanya berucap terima kasih, puji syukur atau alhamdulillah. Perilaku kita untuk Menjaga, merawat, melindungi juga termasuk mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Oke... have a great day all,

No comments:

Post a Comment