Wednesday, October 12, 2011

Positif Vs Negatif

Sahabat,,memang sangat berata untuk mengubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan kita. Baik itu kebiasaan yang baik atau yang buruk...
Tapi tentunya setiap orang ingin merubah kebiasaan mereka yang buruk menjadi kebiasaan yang baik, perilaku dan tindakan yang buruk menjadi perilaku serta tindakan yang baik...
Saya merasakan sendiri kesulitan dan hambatan besar yang menghadang setiap langkah yang saya ambil untuk merubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik atau setidaknya tidak menjadi lebih buruk dari yang sebelumnya..
Saya merenungkan apakah kebiasaan buruk ini tidak akan pernah bisa saya rubah, apakah kebiasaan buruk ini akan menemani saya sampai dewasa nanti..?
Sungguh merupakan beban mental bagi saya,,,

Saya mencoba melihat lebih dalam lagi ke diri saya, lalu muncul sebuah konsep penting yang kemudian saya pahami sebagai kesalahaan fatal bagi saya...
Selama ini saya menolak dan tidak mau menerima kekurangan diri ini dengan apa adanya, saya terlalu bercermin kepada mereka yang perfect, kepada mereka yang telah mencapai masa-masa terbaik mereka...
Saya tidak mencoba mengerti tentang diri ini, saya terlalu banyak menghayalkan diri ini menjadi sosok yang saya impikan tanpa mau memahami bahwa semakin banyak saya merubah diri ini, maka saya semakin menjadi orang lain...
Akhirnya saya paham, saya tidak perlu untuk merubah diri ini menjadi sempurna dan menghilangkan kebiasaan yang saya anggap buruk...
Saya hanya perlu untuk menerima diri ini dan mencoba untuk mengendalikan apa yang saya anggap buruk...sehingga lama kelamaan sisi positif saya dapat sebanding dengan sisi negatif untuk selanjutnya melebihinya...
Sehingga saya bisa menjadi seorang yang utuh, utuh dengan kelebihan dan kelemahan yang saya miliki,,,,
Terima kasih atas pemberian-Mu Tuhan, Engkau memberikan hamba kelebihan yang bisa menjadi kelemahan hamba dan Engkau memberikan hamba kelemahan yang justru bisa menjadi kekuatan terbesar hamba...

No comments:

Post a Comment